Minggu, 12 Mei 2013

PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP-Lomba Blog 2013 BKKBN

Dengan adanya lomba Blog yang dilaksanakan oleh BKKBN ini, saya akan membahas mengenai Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Semoga opini dari saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Lingkungan  hidup  merupakan  sistem antara lingkungan biotik dan  lingkungan  abiotik. Lingkungan  biotik  ialah  semua kehidupan  makhluk hidup seperti manusia, hewan, tmbuhan. Lingkungan  abiotik  ialah  semua  unsur  yang termasuk bukan  organisme hidup, antara lain batuan, tanah, mineral, air, dan udara. Kesejahteraan  manusia  serta  makhluk  hidup Antara  manusia  dan  lingkungan lainnya.  Berdasarkan  definisi  ini,  lingkungan  berinteraksi  timbal  balik. Seperti  halnya  Indonesia Perubahan  dalam  lingkungan  hidup  akan memiliki  masalah  dalam  pemanfaatan menyebabkan perubahan pula dalam tingkah sumber daya  alam  yang  melebihi  daya laku  manusia  sebagai  hasil  adaptasi recoveri-nya.   Seperti halnya kita ketahui sekarang pertumbuhan penduduk semakin lama kian tinggi dan tidak setara dengan pertumbuhan hewan dan tumbuhan yang ada. Tidak jarang  untuk  memproduksi komoditas  yang lebih  baik,  sumber  daya alam  yang  dikorbankan. Pendidikan  kependudukan  dan lingkungan semakin banyak. Akibat dari kondisi ini maka lahirlah masalah lingkungan hidup.
Setiap  negara  memiliki pendidikan  untuk  membina  anak  atau permasalahan  lingkungan  yang  berbeda, peserta  didik  agar  memiliki  pengertian, namun  secara  umum  ada  permasalahan kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional individu, kelompok, dan  masyarakat sebagai timbal  balik  antara  penduduk terhadap  lingkungan. Pendidikan Kependudukan Lingkungan Hidup  (PKLH)  merupakan  suatu  program  yang  dicetuskan  oleh  pemerintah  dalam rangka  proses  penanaman  kesadaran sejak  awal  dekade berkisar masyarakat  terhadap  lingkungan.  Tujuan  yang  ingin  dicapai  meliputi :
a)    Pengetahuan. Pengetahuan tentang pentingnya lingkungan hidup dan pelestariannya.
b)   Sikap. Sikap dalam bertindak untuk terus melestarikan lingkungan, seperti melakukan Go Green dengan cara menanam banyak pohon, bukan hanya memanfaatkannya saja tetapi tidak ada tindakan kepedulian penghijauan kembali.
c)    Kehidupan manusia. Dengan melakukan pengurangan kelahiran yang membludak setiap tahunnya dengan cara KB setidaknya dapat membantu kelangsungan hidup ekosistem
d)   Keterampilan.
e)   Kepedulian.

Pendidikan  lingkungan  merupakan  suatu proses  yang  bertujuan  untuk  menciptakan kepedulian  terhadap  lingkungan hidup. Pembelajaran  yang  dilakukan  hendaknya memiliki  pengetahuan, motivasi, komitmen,  dan  keterampilan  untuk  bekerja. Sekarang pemerintah telah merumuskan pelaksanaan PKLH di sekolah. Hal ini selain tidak  membebani  para  siswa,  dengan Kurikulum  berbasis  kompetensi  (KBK) penambahan  bidang  studi  PKLH  juga memberikan  jaminan  bahwa pendidikan lingkungan  merupakan tanggung jawab semua bidang studi kependudukan  dan  lingkungan  hidup . Dengan adanya pengetahuan yang baik serta penanaman kepedulian dari hati masing-masing tentunya kita sangat berharap dapat melestarikan kelangsungan kehidupan antara manusia dan lingkungannya.

 Demikian opini yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menjadi acuan bagi kita untuk terus melestarikan dan peduli terhadap lingkungan hidup yang ada di sekeliling kita. 

2 komentar:

  1. wah bagus artikelnya gan ! simple dan enak dibaca

    temen2 yang butuh panduan info penulisan neh blog saya udah jadi siapa tahu bisa dijadikan acuan, mohon kunjungan dan komentarnya ya ..
    sertakan pula link ente untuk kunjungan balik
    biar lebih akrab gitu

    http://najibkarya.blogspot.com/2013/07/artikel-kependudukan-tentang-masalah.html

    BalasHapus
  2. Yup..
    Sip.. keren

    http://bumyagarablokb.blogspot.com

    BalasHapus